Bantu Petani dan Pembeli, Amanda Cole Buat Inovasi lewat Aplikasi Sayurbox

Di era digital ini, petani punya masalah karena harga panen mereka jauh lebih rendah dibanding harga pasar. Di sisi lain, pembeli ingin sayuran dan buah-buahan yang segar untuk kebutuhan sehari-hari. 

Menanggapi masalah tersebut, Amanda Cole, wanita berusia 29 tahun asal Jakarta, berinovasi menciptakan sebuah aplikasi yang memungkinkan konsumen membeli produk tani langsung dari petani lokal. Inovasi ini tentu tak hanya menguntungkan bagi konsumen, tapi juga bagi para petani yang akhirnya bisa menawarkan langsung hasil tani secara online.   

Sejak pertama kali dirilis di tahun 2017, Sayurbox telah mempermudah transaksi jual beli hasil tani dengan mendatangkan produk-produk segar langsung ke depan rumah pelanggan. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 500.000 kali di Google Play Store dan berhasil mendapat banyak tanggapan positif dari penggunanya.

Tak hanya menawarkan hasil tani lokal, Sayurbox kini melengkapi layanannya dengan berbagai fitur menarik. Produk yang ditawarkan pun tak sebatas hasil tani saja. Di Sayurbox, kamu juga bisa belanja aneka seafood, daging, kue, makanan siap saji, dan baby food. 

Setelah memilih produk yang kamu butuhkan, kamu tinggal bayar pakai dompet digital (GoPay, OVO, Jenius) atau transfer lewat bank. Mudah kan? 

(sumber: sprinkleofrain.com)

Download Sayurbox di sini 

Sayurbox merupakan inovasi digital yang memiliki manfaat dari hulu ke hilir. 

Bagi petani, Sayurbox jadi solusi atas permasalahan klasik yang mereka hadapi. Sementara bagi pembeli, Sayurbox menawarkan kepraktisan dalam berbelanja kebutuhan pokok, khususnya di tengah pandemi saat ini.  

“Di masa pandemi kayak gini, mau keluar rumah untuk belanja ada perasaan takut tapi untung ada Sayurbox. Belanja happy tanpa harus keluar rumah dan interaksi dengan orang banyak, dan pelayanannya juga sangat ramah.”

Lisna Dewi, Pengguna Sayurbox (sumber)

Inovasi yang terlahir dari kepedulian terhadap nasib para petani lokal ini berhasil mengantarkan nama Amanda Susanti Cole ke dalam daftar bergengsi Forbes 30 Under 30 kategori Manufacturing & Energy di tahun 2019. Salut deh buat Amanda!

Jika kamu ingin berinovasi seperti Amanda, atau ingin melahirkan ide kreatif dalam berbisnis, ada baiknya kamu menyimak pembahasan tentang Design Sprint di Wisnuarios.com. Kamu bisa membaca artikelnya di link ini.