Mengenal Design Sprint 2.0

Mengenal Design Sprint 2.0 sebagai New Way of Working, Untuk Bisnis dan Inovasi Anda

Image for post

Dunia bisnis di era digital saat ini bergerak serba cepat, persaingan global pun jadi hal yang tak bisa dihindarkan lagi. Karenanya, memahami pelanggan dan segera meluncurkan produk ke pasar menjadi faktor penting kesuksesan perusahaan agar tak tersisih dari persaingan bisnisnya.

Menghadapi hal tersebut banyak perusahaan dalam negeri yang belum menyadari rahasia dari raksasa teknologi seperti Google, Apple, dan Facebook. Tiga perusahaan yang dikenal pandai bergerilya meluncurkan produk yang bisa diterima masyarakat luas dalam waktu yang relatif singkat.

Di pembahasan ini, Penulis , akan membagikan infromasi salah satu cara kerja di Silicon Valley (markas perusahaan besar seperti Apple, Google, Facebook, dan Netflix) yang dikenal dengan istilah Design Sprint dan pada kesempatan ini Penulis akan membagikan versi terbarunya langsung dari creatornya yg dinamakan design sprint 2.0 . penulis sendiri merupakan Certified Design Sprint atau orang yang sudah tersertifikasi keahliannya di bidang design sprint.

Image for post
Perusahaan yang telah menerapkan design sprint, source : AJSmart

Apakah design sprint ?

Di dunia bisnis, design sprint dikenal sebagai kerangka kerja untuk menjawab pertanyaan kritikal dalam bisnis dan inovasi melalui desain, prototyping, dan menguji ide dengan pengguna sehingga bisa dengan cepat mendapat feedback positif ataupun negatif, Inilah cara yang disebut dengan success fast or fail fast , design sprint dilakukan oleh tim dengan latar belakang yang beda-beda yang dipandu oleh fasilitator yang disebut sprint master.

Design sprint VS Cara tradisional

Perusahaan konvensional biasanya butuh waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan suatu produk dan mengujinya ke pasar. Tapi jika menerapkan design sprint, perusahaan hanya butuh empat hari sehingga bisa lebih efisien dalam waktu yang disertai dengan arahan dan keputusan yang lebih jelas dan tepat

Image for post
Desainsprint vs tradisional work, source : sprintcube

Kok bisa ya? Dan yang lebih penting lagi, apa saja sih manfaat design sprint bagi inovasi perusahaan Anda?Berikut ini kami sajikan step-by-step pelaksanaan design sprint dalam bentuk gambar.

Image for post
konsep design sprint
Image for post
tahapan design sprint 2.0
Image for post
Contoh output 4 hari workshop design sprint, source : theblog.adobe.com

Sampai sini bagaimana kira-kira pendapat Anda mengenai design sprint? Cukup menarik bukan?

Perusahaan teknologi raksasa di Silicon Valley bisa bergerak begitu cepat dan mengalahkan perusahaan konvensional (yang berdiri sejak lama) dalam waktu yang singkat. Dan design sprint adalah salah satu resep rahasia mereka.

Penulis sendiri cukup terkejut saat pertama kali melakukan desain sprint. Sebab ternyata ada teknik kerja yang menuntut pemikiran kreatif dan mendalam dari seluruh anggota tim, tapi bisa sambil dilakukan dengan cara yang fun dan cepat tanpa mengurangi kualitas dan detail

Image for post
suasana dalam designsprint

Sekarang Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan design sprint. Ada baiknya kita lanjut menelusuri manfaat design sprint untuk bisnis dan inovasi perusahaan. Menurut Wisnu Ario Supadnomo, design sprint punya lima manfaat berikut ini:

1. Mendapatkan Umpan Balik Pengguna sebelum Terlambat

Design Sprint membantu membangun produk yang benar-benar akan digunakan orang.

Pernahkah Anda mengerjakan produk atau proyek yang tidak pernah pergi ke mana pun? Atau yang tidak disukai pengguna Anda? Bagaimana jika Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda pada kecocokan pasar-produk? Sprint Desain dapat membantu Anda melakukan hal itu.

Dalam waktu yang singkat, Sprint Desain akan mengarahkan tim Anda ke pembuatan prototipe yang dapat diuji pada pengguna dan mendapatkan feedback secara langsung. Bandingkan ini dengan waktu dan upaya yang diperlukan untuk membuat fitur baru (atau bahkan produk baru) yang belum tentu disambut baik oleh pengguna. Dengan design sprint, Anda tak perlu khawatir produk terlambat mendapat ulasan dari pengguna.

Kalau pun respons pengguna tak memuaskan, tim Anda masih punya banyak waktu untuk mengambil keputusan yang lebih tepat lewat sprint selanjutnya. Hal itu tentu akan mengarahkan tim Anda pada kesuksesan yang lebih besar.

2. Visibilitas & Alignment

Satu dari banyak hal yang Wisnu sukai dari desain sprint ialah melihat para anggota tim dengan keahlian dan latar belakang berbeda, duduk bersama menghadapi tantangan hingga memecah batas hierarki di organisasi perusahaan.

Kebersamaan itu dimulai pada hari pertama Sprint, ketika tim menggali wawasan pelanggan dan melakukan penelitian mendalam. Dengan membongkar semua informasi secara kolektif, seluruh tim akan mempunyai visibilitas ke titik data yang sama. Wawasan ini sangat penting untuk menyelaraskan tim pada tujuan bersama.

3. Menumbuhkan Budaya Inovasi

Banyak perusahaan saat ini mencari inovasi dan bagaimana menyediakan struktur dan alat yang akan memungkinkan tim mereka menemukan hal besar berikutnya.

Design sprint adalah alat yang hebat untuk dimasukkan ke dalam program inovasi Anda. Sebagian besar karena kesederhanaannya dan hasil kerja yang berdampak pada kualitas tim. Selain itu, design sprint dapat membantu Anda untuk mengetahui kapasitas anggota tim karena dalam design sprint tim anda akan dipacu untuk mengeluarkan ide dengan tepat dan terarah. Dan jika anda menjadi sprint master, hampir dipastikan Anda layak menghadapi tantangan baru, atau peran kepemimpinan di suatu perusahaan.

4. Minim Risiko, Tambah Kecepatan dan Momentum

Coba pikirkan saat Anda kehilangan waktu dan uang karena mengambil keputusan bisnis yang kurang tepat. Dengan bantuan desain sprint, Anda akan lebih jarang menemukan skenario buruk tersebut.

Jika harga dari potensi kegagalan atau potensi keberhasilan tersebut tinggi, mungkin ada baiknya bereksperimen dengan Design sprint. Melalui proses Designsprint, beberapa hipotesis Anda akan divalidasi, . Pada akhirnya, Anda beserta segenap tim akan tahu harus berputar ke arah mana.

5. Fokus

Dengan desain sprint, Anda dapat menghemat biaya desain, teknik, dan pengembangan berbulan-bulan. Anda dapat memasarkan produk, ide, atau fitur dengan lebih cepat karena telah terfokus pada satu hal yang benar. Bahkan Anda akan mengakhirinya dengan prototipe konkret yang akan berfungsi sebagai spesifikasi visual untuk tim pengembang.

Jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan oleh tim kecil dalam sprint empat hari sungguh luar biasa. Anda akan kagum dengan betapa produktifnya tim ketika menjalani aturan main sprint. Wisnu pun percaya apa yang terjadi dalam sprint selama seminggu sebetulnya setara dengan pekerjaan 3 atau 6 bulan.

Tip’s for sprinters

Sebelum menjalankan design sprint para peserta diperlukan agar mengetahui terlebih dahulu secara mendalam pengguna dan problem apa yang mereka alami agar design sprint yang dijalankan akan menghasilkan sesuatu yang bisa memecahkan masalah pelanggan

“You need to learn about your users before you conduct a design sprint”

Dalam menjalankan design sprint para peserta diperlukan agar memliki pandangan yang sama untuk menemukan titik tengan antara kebutuhan pengguna,kemampuan teknologi yg dimiliki dan Busines visibility yang bisa disebut dengan sweet spot sehingga hasil dari design sprint bisa dimplementasikan dan bukan hanya menjadi dokumen saja

Image for post
The sweet spot , source : medium.com/retrorabbit

Penutup

Pengalaman Penulis sebagai sprint master (fasilitator design sprint) di sejumlah proyek digital membuktikan bahwa metode sprint membuat proses inovasi jadi lebih cepat. Ia yakin jika metode ini diimplementasikan secara masif, para pengusaha Indonesia akan lebih pandai dalam mengembangkan produk. Hal itu nantinya akan berujung pada perkembangan pesat ekonomi dalam negeri, serta meningkatkan kualitas perusahaan lokal untuk bersaing di pasar global.

Image for post
Contoh manfaat design sprint, source :sprintstories.com

Kesimpulannya, metode sprint memberikan manfaat untuk memecahkan tantangan besar dengan cepat, menciptakan produk baru, atau meningkatkan yang sudah ada dengan proses iterasi sehingga bisa memampatkan berbulan-bulan pekerjaan menjadi beberapa hari saja. #Salaminovasi

Tentang Penulis

Wisnu ario Supadnomo adalah Certified design sprint , scrum master, dan juga salah satu Indonesia Global Champion for Science ,Technology and Digital innovation yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 10 tahun. dia juga berkarier sebagai head of Department Digital Growth Asset di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan terpilih menjadi salah satu best Innovator ditempat dia bekerja