Google Lookout, Inovasi Digital yang Membantu Penyandang Tunanetra

(sumber: dafunda.com)

Tidak tahu arah dan objek di depannya yang mungkin saja menjadi bahaya adalah salah satu hal yang dikhawatirkan oleh tunanetra. Umumnya, penyandang tunanetra mengandalkan indra peraba dan tongkat untuk berjalan sehingga objek yang berada di depannya tak dapat diketahui dengan maksimal.

Mungkin sebagian penyandang tunanetra sudah hafal dengan jalur yang biasa dilewati, sehingga mereka dapat lebih waspada dengan objek tertentu, seperti tembok, selokan, atau jalan berlubang. Namun, bagaimana mereka berada di lingkungan baru? Tentu akan lebih sulit, bukan?

Sebagai solusi bagi tunanetra, Google sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa merilis aplikasi bernama Lookout. Aplikasi ini merupakan aplikasi navigasi yang akan memberikan peringatan bagi penyandang tunanetra saat ada objek penghalang di sekitarnya melalui suara. Misalnya jika jalur pengguna Lookout terhalang kursi, aplikasi ini akan memberikan instruksi “Ada kursi di arah jam dua belas”.

(sumber: jawapos.com)

Bukan hanya aplikasi navigasi biasa, Lookout juga dilengkapi dengan berbagai mode yang memungkinkan penyandang tunanetra tetap beraktivitas seperti biasa, yaitu Home, Work & Play, Scan dan Experimental.

Pada mode home, aplikasi akan membantu tunanetra mengetahui letak perabotan di rumah. Sedangkan pada mode work & play, aplikasi akan memberi tahu benda apa saja di sekitar mereka yang mungkin dapat membantu pekerjaan yang sedang dilakukan.

Ada pula mode scan yang membantu membaca teks biasa dan mengubahnya dalam bentuk narasi yang mudah didengar dan dipahami penyandang tunanetra.

Kemudian pada metode experimental, Lookout akan mempelajari apa saja yang dianggap tunanetra penting oleh kebanyakan tunanetra, sehingga aplikasi Lookout akan terus berkembang.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat mengidentifikasi nominal mata uang dan menginformasikannya pada pengguna lho.

Sangat membantu bagi disabilitas netra

Edhie Yos – pengguna Lookout (sumber)

Lookout tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh penyandang tunanetra saja, tapi juga orang dengan gangguan penglihatan lainnya, seperti mata rabun yang mengalami kesulitan membaca.

Sangat membantu sekali untuk mata saya yang rabun dan cepat lelah jika banyak membaca. Makasih Google

Aris – pengguna Lookout (sumber)

Tertarik menggunakan Lookout? Lookout dapat diunduh melalui Playstore secara gratis di sini.

Selain sebagai pengguna, kamu juga dapat membuat inovasi aplikasi serupa untuk membantu memecahkan masalah tunanetra. Misalnya, aplikasi yang membantu tunanetra membaca al-qur’an atau menemukan lokasi. Namun, sebelum itu kamu harus memahami design sprint yang sangat penting untuk proses desain aplikasi. Lalu, apa itu design sprint? Kamu dapat mempelajari selengkapnya di sini.