Inovasi Desa Sekapuk, Lahan Bekas Tambang Jadi Wisata Instagrammable

(sumber: kompas.com)

Bekas lokasi tambang yang dijadikan sebagai tempat sampah oleh warga tidak hanya menimbulkan masalah lingkungan, tetapi juga kurang sedap dipandang mata. Namun, siapa sangka jika bekas tambang kapur putih yang bertahun-tahun dijadikan tempat sampah ini bisa diubah menjadi tempat wisata out of the box yang memadukan selo (batu), tirto (air), dan giri (bukit), atau lebih dikenal dengan Setigi yang terletak di Gresik, Jawa Timur.

Wisata ini merupakan upaya untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Jadi, membuka pola pikir, yang namanya mencari makan tidak harus membuat bata kapur terus.”, terang Abdul Halim melalui channel Youtube Desa Sekapuk TV.

Di bawah pimpinan Kepala Desa Abdul Halim, kawasan bekas tambang ini diubah menjadi spot wisata yang instagramable. Tidak kurang dari 24 spot foto yang ada di Setigi, mulai dari pahatan batu kapur, tatanan gazebo, danau mini, hingga miniatur tugu Gresik. Aneka spot foto di Setigi berpadu dengan pemandangan hijau dan hamparan langit yang luas.

Selain itu, terdapat juga berbagai relief tradisional lengkap dengan jajaran replika candi yang melambangkan budaya masyarakat Jawa. Oh iya, kamu juga bisa bersantai di perahu kayuh sambil menikmati keindahan Setigi di atas danau lho. 

(sumber: kompas.com)

Pembangunan objek wisata Setigi berhasil mengubah lokasi bekas tambang yang dulunya kumuh menjadi tempat wisata yang menghasilkan income bagi desa dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Tak tanggung-tanggung, kawasan bekas tambang yang berhasil dikelola menjadi tempat wisata adalah seluas 1,5 hektar dan masih terus dikembangkan hingga sekarang.

“Tempat wisata dengan berbagai spot foto, mulai dari pemandangan batu kapur, replika candi, dan danau. Banyak gazebo yang cocok untuk beristirahat bersama keluarga. Pas kesini seneng banget dapat gratisan cemilan saat beli tiketnya.”

Vidya Kusherawati – Pengunjung (sumber)

“Obyek wisata Setigi ini sungguh sangat berbeda dengan obyek wisata lain yang pernah ku temui, yaitu penggabungan antara Selo atau batu, Tirto atau air, dan Giri memiliki arti bukit, jadi sangat rekomended untuk di kunjungi bersama keluarga. Lokasi Setigi berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Provinsi Jawa Timur.”

Iwan Marimangan – Pengunjung (sumber)

Tertarik mengunjungi Setigi? Kamu bisa mengunjungi tempat wisata unik ini di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Tepatnya terletak 27 kilometer dari exit Tol Manyar.

Selain menikmati keindahan Setigi, kamu juga bisa menjadikan Setigi sebagai inspirasi untuk melahirkan inovasi serupa. Coba tengok daerah sekitarmu, siapa tahu ada satu tempat yang tak dikelola namun bisa “disulap” jadi tempat wisata.  

Tapi, sebelum itu kayaknya kamu harus memahami apa yang dimaksud dengan design thinking untuk mempermudah membuat konsep wisata sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat sekitar. Ingin memahami design thinking lebih lanjut? Kamu bisa mempelajarinya di artikel ini