Zoom, Inovasi Digital untuk Meeting Online yang Populer di Tengah Pandemi

(sumber: kompas.com)

Komunikasi yang terhalang akibat penerapan physical distancing selama pandemi menjadi masalah baru yang dihadapi masyarakat dalam satu tahun terakhir. Berbagai sektor terkena dampaknya, yang paling terpengaruh yakni sektor bisnis dan pendidikan.

Untungnya, perkembangan teknologi kini sudah maju. Tanpa bertemu secara langsung, pertemuan face to face dapat dilakukan melalui aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Zoom.

Dibanding aplikasi video conference lainnya, Zoom punya keunggulan tersendiri. Aplikasi ini mampu menghubungkan ratusan orang sekaligus dalam satu ruang virtual, memungkinkan bertatap muka melalui panggilan video, serta membagikan tampilan layar komputer untuk mempermudah komunikasi. 

Selain itu, aplikasi besutan Eric Yuan ini memiliki fitur chat untuk menjangkau anggota pertemuan virtual, dan bahkan fitur perekam layar untuk mengabadikan pertemuan virtual dalam bentuk video.

(sumber: cnnindonesia.com)

Fitur yang disediakan oleh Zoom ini tidak hanya membantu mengatasi masalah komunikasi selama pandemi, tetapi juga memberikan kemudahan komunikasi jarak jauh yang lebih mudah dan praktis. Zoom juga dapat digunakan sebagai sarana rapat, wawancara kerja, pelatihan, kelas online, dan bahkan media untuk terhubung dengan keluarga melalui video call.

Karena keunggulan dan manfaatnya yang luar biasa dalam menunjang komunikasi jarak jauh, aplikasi Zoom kian populer dan menjadi salah satu aplikasi yang paling diandalkan masyarakat dunia di masa pandemi. 

Sangat membantu, kondisi saat ini emang sangat perlu buat virtual, walau jarak jauh masih tetap bisa digunakan untuk semua jenis kegiatan

Adi Candra – Pengguna Zoom (sumber)

Zoom aplikasi yang sangat bagus untuk webinar, meeting, dan belajar online. Mantab Zoom

Hendra Yusandi – Pengguna Zoom (sumber)

Ingin ikut merasakan manfaat menggunakan Zoom? Kamu bisa menginstal aplikasi Zoom di sini.

Setelah menginstal Zoom, ada dua pilihan yang bisa digunakan, yaitu Zoom gratis dan zoom berbayar. Perbedaan keduanya hanya ada pada jumlah peserta panggilan dan durasi. Pengguna Zoom gratis dapat melakukan panggilan grup dengan maksimal 100 orang dan durasi maksimal 40 menit. Sedangkan Zoom premium dapat digunakan panggilan grup dengan maksimal 500 hingga 1000 orang dan durasi panggilan maksimal 24 jam. Tinggal pilih paketnya sesuai kebutuhanmu ya!

Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang Zoom dan Eric Yuan, kamu bisa menonton video dari channel Pendidikan Kampung berikut ini.

Terinspirasi dengan aplikasi Zoom dan ingin menciptakan aplikasi serupa? Kalau iya, kamu perlu memahami design sprint yang sangat berguna untuk implementasi inovasi digital. Kamu bisa mempelajari tentang design sprint secara lengkap di sini.