Catur Bambang dan Inovasi Motor Roda Tiga bagi Penyandang Disabilitas

motor_disabilitas_wisnuarios_wisnu_ario_digital_innovation_specialist

Catur Bambang, seorang penyandang disabilitas, mempunyai bengkel pembuatan roda 3 yang setiap memproduksi 2-3 motor untuk penyandang disabilitas lainnya.

Lokasi : Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Mobilitas masih menjadi masalah bagi penyandang disabilitas. Mereka yang memiliki kelemahan pada kaki akan kesulitan berjalan dan harus menggunakan alat bantu. Oleh karena itu, mereka juga akan kesulitan ketika harus menggunakan alat transportasi.

Menjadi difabel ini ke mana-mana kalau mau pergi itu kesulitan masalah transportasi. Dari situ kita membikin rangkaian yang sederhana waktu itu, mudah dikendarai, dan mudah dirawat diservis atau gimana gitu,” ucap Catur Bambang, salah satu difabel yang kini justru kini memberikan solusi transportasi bagi difabel lainnya.

Catur Bambang mendirikan Bengkel Modifikasi Motor Roda 3. Sesuai namanya, bengkel ini merupakan bengkel khusus untuk memodifikasi motor biasa agar bisa dikendarai oleh difabel.

Tidak hanya asal modifikasi, Bambang akan menyesuaikan hasil modifikasi dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, modifikasi motor untuk mereka yang diamputasi, paraplegia, spastik, dan polio memiliki kebutuhan rangka motor yang berbeda. Jadi, Bambang akan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan paham betul yang dibutuhkan pengguna karena ia juga mengalami hal serupa.

(sumber: jawapos.com)

Bambang sendiri awalnya terlahir sempurna. Ia sempat bekerja sebagai abdi negara. Namun, kecelakaan naas mengharuskan kedua kakinya diamputasi.

Tidak menyerah dengan keadaan, Bambang mencoba belajar memodifikasi motor dari rekannya. Butuh waktu 3 tahun bagi Bambang untuk belajar memodifikasi rangkaian motor dan teknik las. Dari situlah Bambang berinisiatif untuk berinovasi menciptakan kendaraan yang ramah bagi difabel.

Inovasi Bambang berbuah manis, bisnisnya kini sudah berhasil mempekerjakan beberapa orang karyawan. Pelanggannya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada yang rela mengirimkan motor dari Jayapura demi bisa dimodifikasi oleh Bambang.

“Sangat membantu kita yang difabel, sehingga bisa bergerak mandiri. So far kualitas bagus, rapi, kuat. Udah pakai 2 tahun an”

Anto Kuntarto – Customer (sumber)

“Bengkel roda tiga yg asik… Bisa tanya2 dulu sebelum modifikasi”

Hendra Wahdiansyah – Customer (sumber)

Dari usaha Bengkel Motor Roda 3 yang terletak di Jl. Jambu No.10B, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten ini, penghasilan Bambang juga tidak bisa dianggap remeh lho. Dalam satu bulan, Catur Bambang bisa mengantongi 50 juta hingga 75 juta.

Catur Bambang berhasil mengubah keterbatasannya menjadi peluang bisnis yang output-nya sangat bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama seperti Bambang lho. Coba mencari problem nyata di sekitarmu, kemudian pikirkan solusi kreatif dan inovatif untuk mengatasinya.

Setelah itu, coba design bisnis yang akan kamu jalankan menggunakan design thinking. Kamu yang belum mengetahui tentang design thinking bisa mempelajarinya terlebih dahulu disini.