Menyimpan File Dokumen Lebih Mudah dan Aman dengan Google Docs, Pelajari Yuk!

Menyimpan file dokumen dengan aman tentunya menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Bayangkan saja jika kamu sudah susah payah menyusun dokumen, tapi akhirnya hilang atau nggak sengaja terhapus, tentunya sangat merepotkan bukan?

Masalah itu bisa teratasi kalau kamu pakai Google Docs; layanan gratis yang diberikan Google dalam bentuk office suite. Lewat Google Docs, dokumen yang kamu buat akan disimpan dalam Google Drive dengan kapasitas 15 GB per akun Gmail. Dokumen ini tidak akan pernah hilang selama kamu masih memiliki akses terhadap akun Google Drive-mu.

(sumber: ubergizmo.com)

Selain itu, ada juga keunggulan lain yang disediakan oleh Google Dokumen, seperti;

  1. Membuka dokumen dari manapun dan perangkat apapun
  2. Mengatur akses dokumen dengan mudah, sehingga dokumen lebih aman.
  3. Lebih mudah membagikan dokumen melalui shared link.

“Google Docs sangat bermanfaat untuk menyimpan dan membuat dokumen dan tersimpan secara otomatis di drive..memudahkan saya ketika saya butuh dokumen tersebut dalam keadaan mendadak.”

Sulaeman – Pengguna google Docs (sumber)

“Setelah menggunakan Google Spreadsheet, 90% pekerjaan, saya kerjakan menggunakan Google Spreadsheet versi WEB.”

Awan Aozora – Pengguna Google Spreadsheets (sumber)

Ingin tahu lebih detail tentang cara menggunakan Google Docs? Simak video dari kanal PNS TV berikut ini.

Jika kamu tertarik menggunakan fasilitas gratis dari Google ini, kamu dapat mencobanya melalui link berikut. Atau kamu juga dapat mengunduh aplikasinya di Playstore dengan kata kunci yang relevan, misalnya Google Docs untuk mengunduh aplikasi pengolah kata, Google Spreadsheet untuk aplikasi pengolah angka, Google Slides untuk membuat presentasi, dan Google Form untuk membuat form survei atau pertanyaan sederhana.

Atau, kamu justru tertarik untuk membuat aplikasi penyimpanan dan edit dokumen seperti Google Docs? Jika iya, kamu butuh riset yang mendalam karena aplikasi semacam ini tidak sederhana. Jadi, lakukan riset mengenai sistem kerja pengelolaan dokumen, keamanan data, penyimpanan data di internet, dan mekanisme share dokumen yang mudah dan cepat. 

Melahirkan ide brilian dalam berinovasi bakal lebih mudah jika kamu memahami metode design sprint. Simak selengkapnya di artikel ini