SalesForce, Inovasi CRM yang Mempermudah Manajemen Pelanggan

(sumber: martechseries.com)

Terhubung langsung dengan pelanggan dan membangun komunikasi yang baik adalah hal penting jika ingin menaikkan penjualan dan mempertahankan pelanggan yang loyal. Hal semacam ini mungkin mudah jika pelanggan masih sedikit. Namun, jika memiliki banyak pelanggan, bagaimana cara agar tetap terhubung dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan?

Belum lagi masalah monitoring karyawan jika kamu dibantu sales dalam melakukan penjualan, pembuatan laporan, kontrol penjualan, dan strategi untuk meningkatkan penjualan. Tentu masalah-masalah ini akan muncul jika tidak melakukan manajemen pelanggan yang baik.

Untungnya, saat ini sudah ada Customer Relationship Management (CRM) yang akan membantu pelaku usaha mengetahui sebanyak mungkin tentang pelanggan dan mengolahnya menjadi database, sehingga lebih mudah mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Selain itu, CRM juga akan memudahkan memantau penjualan dan terhubung dengan pelanggan kapanpun dan di manapun.

(sumber: salesforce.com)

Salesforce hadir sebagai salah satu aplikasi CRM yang menjawab segala keluhan tentang hubungan sebuah bisnis dengan pelanggan. Inovasi ini menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis. 

Di Salesforce, kamu bisa menggunakan fitur lightning sales untuk mempermudah memantau penjualan dengan laporan grafik yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa terhubung langsung dengan pelanggan dan mendapatkan data pelanggan melalui database lewat menu service. Ingin mengelola postingan bisnis Anda di media sosial? Bisa banget, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur Salesforce Chatter di aplikasi Salesforce. 

Nggak cukup sampai di situ, kamu juga bisa mendapatkan insight penjualan produk/layananmu melalui analytics studio. Fitur ini menyajikan grafik yang mudah dibaca beserta laporan hasil pemasaran yang tentunya sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. 

Di jalan-jalan kreatif kali ini, Wisnu Ario bakal ngajak kamu memahami inovasi yang disajikan Salesforce dan mengapa ia dianggap sebagai tools yang powerfull untuk para pebisnis. Yuk cek videonya di bawah!

(sumber: salesforce.com)

Adanya Salesforce membuat segala urusan bisnis menjadi lebih flexible. Kamu bisa mengatur dan mengontrol bisnis dimanapun hanya dengan menggunakan ponsel. Sekarang, terhubung dengan pelanggan jauh lebih mudah, bukan?

“Sangat membantu saya dalam pelaporan kepada atasan, bahkan untuk pengingat dalam menghubungi pelanggan saya”

Robby Awalludin – Pengguna Salesforce (sumber)

“Sangat membantu memantau pekerjaan saya”

Galang Dwi Prastopo – Pengguna Salesforce (sumber)

Kamu bisa mencoba menggunakan Salesforce secara gratis dengan mengunduhnya di Playstore melalui link berikut.

Selain menggunakan aplikasi Salesforce untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan dan memaksimalkan penjualan, kamu juga butuh sebuah cara untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan berdasarkan data yang ada. Salah satunya adalah dengan menggunakan design thinking. Apa itu? Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang design thinking di sini.